Saturday, July 9, 2016

Manfaat serta Fungsi Winbox

 Manfaat serta Fungsi Winbox

selamat datang di lintas dunia ,, banyak informasi seputar berita , adsense, template seo, tips and trick serta bahasa program,, sekarang hadir tentang software atau juga bisa disebut cara menggunakan serta download nya,, semoga bisa bermanfaat untuk kalian.
 
Apa itu winbox dan buat apa fungsinya ? Cinta Teknologi
Assalamualaikum sahabat sahabat Cinta Teknologi selamat siang dan selamat datang di cinta teknologi. setelah beberapa hari ini saya menghilang di cinta teknologi ini maka kali ini saya datang kembali dengan membawa materi lanjutan mengenai seputar jaringan dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu winbox dan untuk apa fungsinya.

Pengertian Winbox

Winbox adalah sebuah software jaringan yang berfungsi sebagai konektivitas dan konfigurasi MikroTik dengan menggunakan MAC Address atau protokol IP. Dengan winbox sahabat akan lebih mudah dan nyaman dalam melakukan konfigurasi MikroTik RouterOS Mengapa ? dikarenakan keunggulan dari winbox ini sahabat dapat mengkonfigurasi mikrotik langsung dari komputer Client dan dengan mode GUI sehingga lebih memudahkan sahabat dalam prosses penyetingan jaringan di mikrotik.

Winbox ini banyak digunakan di sistem operasi windows namun untuk sahabat yang menggunakan sistem operasi linux jangan khawatir winbox ini juga bisa di gunakan di linux dengan bantuan dari software wine.

Cara Menggunakan Winbox

Cara menggunakan winbox sendiri tidaklah sulit pertama klik 2x software winbox sampai terbuka jika sudah terbuka isikan connect to dengan ip routernya kemudian isi login + password nya dan selamat menyetting jaringan mikrotik

Tool Tool yang terdapat dalam winbox :

Berikut sedikit penjelasan mengenai tombol dan tulisan pada bidang layar winbox loader:
[...] - Digunakan untuk menemukan dan menunjukkan perangkat MNDP (MikroTik Neighbour Discovery Protocol) atau CDP (Cisco Discovery Protocol). Sederhananya untuk menemukan perangkat MikroTik RouterOS yang terhubung ke jaringan Anda.
Connect - Digunakan untuk terhubung ke RouterOS.
Save - Digunakan untuk menyimpan alamat, login, password, dan catatan. Entri yang disimpan akan ditampilkan di bagian bawah jendela loader.
Tools - Digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti menghapus semua item dari daftar, membersihkan cache pada disk lokal, impor alamat dari file WBX atau ekspor ke file WBX.
Connect To - Tujuan IP atau MAC Address dari Router.
Login -  Username yang digunakan untuk otentikasi.
Password - Sandi yang digunakan untuk otentikasi.
Keep Password - Jika dicentang, sandi tidak disimpan ke dalam daftar.
Secure Mode - Jika dicentang, winbox akan menggunakan enkripsi TLS untuk mengamankan sesi.
Load Previous Session - Jika dicentang, winbox akan mencoba untuk mengembalikan semua jendela yang dibuka sebelumnya.
Note - Deskripsi router yang akan disimpan ke dalam daftar.

Fungsi Winbox
Fungsi utama winbox adalah untuk setting yang ada pada mikrotik,  berarti tugas utama windox adalah untuk menyetting atau mengatur mikrotik dengan GUI, atau tampilan dekstop
fungsi winbox lebih rinci adalah
1. Setting mikrotik routher
2. Setting Limit Bandwitch jaringan
3. untuk setting blokir sebuah situs
4. Setting Login Hotspot
5. Setting pengaman jaringan
6. dan masih banyak yg lainnya.

Link Download
Perkaya kan diri Kalian dengan ilmu ,, bukan dengan uang kalian

1 comment: